Ini Cara Menghilangkan Noda Kuning Pada Plastik

Penggunaan plastik di lingkungan rumah tidak bisa dihindarkan. Hampir sebagian besar perlengkapan di dapur terbuat dari plastik. Apalagi buat Anda dengan anak kecil. Perabot dari plastik dianggap lebih aman dibanding dari bahan lainnya. Dari sisi produksi, plastik amat mudah dibentuk menjadi berbagai benda di dalam rumah.

Barang-barang seperti peralatan elektronik, furnitur, peralatan dapur, mainan, dan banyak item rumah tangga kecil lainnya mampu dibuat dari plastik. Salah satu alasan bahan plastik dipilih sebagai perabot rumah tangga karena jenis plastik ini tidak sensitif terhadap kelembaban dan mampu ditoleransi dari dampak asam kuat dan basa. Sayangnya, perabot dari bahan plastik ternyata tetap terpengaruh dengan sinar matahari dan pelarut organik.



Produk berbahan palstik terkadang berubah warna menjadi kuning. Fenomena ini dipengaruhi oleh komposisi spesifik polimer dan bagaimana perawatannya. Saat sudah menguning, Anda bisa memanfaatkan beberapa benda di sekitar rumah untuk memutihkan kembali perabot-perabot tersebut. Sebelum masuk di bagian cara menghilangkan noda kuning pada plastik, Anda membutuhkan alcohol, pemutih, cairan soda, bubuk pembersih, pergidrol, dan acetone. Agar bisa segera dipraktekkan, berikut ini cara menghilangkan noda kuning pada plastik.

Larutan sabun
Perabotan plastik bisa berubah lebih kinclong dengan memakailarutan sabun standar dan spons atau kuas. Bilas terlebih dulu dengan air, lalu tuangkan larutan sabun ke perabotan. Sebelum mencuci, tengok jenis plastik. Apakah tahan goresan atau tidak. Muncul kasus dimana perabot rusak ketika dibelas terlalu keras.

Oleh sebab itu, untuk menjauhkan perabot dari hal yang tidak diinginkan, ada baiknya memeriksa kembali jenis plastik di perabotan. Apabila bingung, lebih baik bilas dan gosok halus perabotan menggunakan kain atau lap yang tidak terlalu kasar. Hindari menggosok perabot dengan kasar dan tidak.

Alkohol - metanol, etanol, isopropanol, dll
Barang plastik bisa pula dibersihkan menggunakan berbagai macam cairan kimia, seperti alkohol, metanol, dll. Agar aman dan tidak tejadi sesuatu yang tidak diinginkan, lakukan proses ini di ruangan berventilasi. Selain itu, Anda pun wajib memakai sarung tangan dan kacamata pelindung.

Beberepa peralatan tidak memiliki ketahanan terhadap cairan kimia sehingga diperlukan proses uji coba. Ini dilakukan untuk mencegah adanya kerusakan perabot dikarenakan cairan kimia. Cobalah mencuci bagian kecil plastik di daerah yang tidak mencolok terlebih dulu.
Pemutih plastik

Tidak seperti sebelumnya, cara ini cukup mudah dipraktekkan. Tidak ada resiko perabot rusak atau bahkan tercemar dengan bahan kiia berbahaya. Penggunaan pemutih di perabot plastik akan menjadikan perabot menjadi bersih dari noda kuning. Pemutih dikhususnya untuk perabot berbahan plastik sehingga amat aman dan tidak berbahaya bila bersentuhan dengan makanan.

Anda bisa mendapatkan pemutih perabot plastik ini di toko-toko kimia. Ada beberapa jenis pemutih di pasaran. Silahkan konsultasikan terlebih dulu kepada penjual agar tidak salah saat digunakan. Meski aman, cairan pemutih akan lebih baik bila dijauhkan dari jangkauan anak-anak.

Itu tadi cara menghilangkan noda kuning pada plastik. Sebenarnya, ada beberapa cara menghilangkan noda kuning pada plastik lagi yang bisa Anda gunakan. Namun, ketiga cara di atas merupakan cara paling efektif dan banyak dipakai oleh ibu-ibu rumah tangga. Selain itu, bahan untuk mempraktekkannya pun ada di sekitar sehingga ketiga cara menghilangkan noda kuning pada plastik di atas lebih baik dan mudah dibanding yang lainnya.

Comments