Cara Mudah Membersihkan Dispenser Air yang Bisa Dicoba

Dispenser merupakan salah satu peralatan dapur yang sangat membantu pekerjaan rumah tangga. Dispenser dapat menyediakan air dingin serta panas untuk Anda dan keluarga dengan cara yang praktis. Sehingga, Anda tidak perlu repot memasak air ketika ingin membuat teh atau kopi.




Namun meski hanya dialiri air putih, bukan berarti dispenser tidak membutuhkan perawatan dan pembersihan. Anda harus merawat dan membersihkannya secara teratur setidaknya setiap 6 minggu atau setiap pergantian galon. Pasalnya, perabot rumah tangga satu ini rentan dihinggapi kuman dan bakteri mengingat kodisi bagian Adalamnya yang selalu basah. Membersihkan perabotan dapur seperti dispenser tidaklah sulit. Berikut ini merupakan tips membersihkan dispenser yang mudah untuk dilakukan.

Cabut stop kontak dispenser dan lepaskan galon kosong.


Lepas penyangga galon, lalu cuci dengan menggunakan sabun cair pembersih. Gunakan spons atau sikat bersih untuk membersihkannya.

Buang air yang tersisa pada galon dengan membuka keran dispenser


Bersihkan bagian dalam dispenser dengan menggunakan larutan sabun cair pembersih dan air panas. Diamkan larutan pembersih selama tidak lebih dari 5 menit, lalu buang melalui keran-keran dispenser. Kombinasi jeruk nipis dan kandungan anti bakterinya akan membunuh kuman yang bersembunyi pada dispenser Anda.

Lakukan pembilasan sebanyak empat kali dengan menggunakan air matang


Jika memungkinkan, lepas keran dan bagian penyangga gelas, lalu cuci dengan sabun cair pembersih. Keringkan semua komponen dispenser dengan menggunakan lap kering yang bersih sebelum memasangnya kembali.

Bersihkan juga seluruh permukaan bagian luar dispenser menggunakan lap bersih


Cuci tangan Anda dengan air dan sabun, lalu bersihkan bagian atas dan leher galon baru yang akan dipasang. Lepaskan penutup dari galon baru. Bersihkan kembali leher galon dengan menggunakan tisu antiseptik khusus galon.

Letakkan galon baru pada dispenser air


Dengan pembersihan yang tepat dan teratur, galon Anda pun akan selalu bersih, bebas bau dan bakteri. Dispenser adalah perabotan dapur yang berefek langsung terhadap kesehatan Anda. Anda tidak akan meminum air bersih dan bebas kuman jika dispenser Anda kotor.

Bagaimana, mudah bukan? Jadi, tidak ada alasan bagi Anda untuk mengabaikan membersihkan dispenser Anda, bukan?

Comments