Jangan Anggap Remeh, Pahami Cara Memilih Dispenser yang Berkualitas Ini!

Water dispenser atau yang sering disebut dispenser air merupakan sebuah alat yang sangat membantu Anda untuk mengambil atau menuangkan air dari galon untuk dikonsumsi sehari-hari. Dengan adanya dispenser ini kita tidak perlu repot-repot mengangkat galon untuk menuangkan air. Salah satu penemuan dari peralatan rumah tangga yang paling berguna di dunia.



Jika dilihat dari jenis dan modelnya, dispenser air memang memiliki beragam jenis. Untuk jenisnya, ada dispenser air panas dan normal, dispenser air panas dan dingin, dispenser air panas, normal dan dingin, kemudian dispenser air normal yang memang fungsinya hanya untuk menuangkan air saja.
Namun jika dilihat dari modelnya, ada dispenser dengan posisi galon di atas dan di bawah. Kemudian berbicara mengenai harga, tentu sangat beragam. Harga mulai dari puluhan ribu, hingga jutaan ribu rupiah.

Namun Anda perlu memahami bahwa memilih dispenser tidak boleh sembarang pilih, ada berapa hal yang mesti diperhatikan. Berikut ini merupakan beberapa cara memilih dispenser air berkualitas yang harus dipahami.

Melihat tipe dispenser


Ada dua tipe dispenser, yaitu dispenser yang menggunakan energi listrik dan tanpa listrik. Dispenser yang menggunakan energi listrik pun ada dua tipe, pertama dispenser dengan kemampuan memanaskan dan mendinginkan air, yang kedua dispenser dengan kemampuan memanaskan ataupun mendinginkan saja. Apabila mempunyai lemari es, Anda bisa memilih dispenser dengan kemampuan memanaskan saja. Namun apabila tidak mempunyai lemari es, dispenser dengan kemampuan mendinginkan air merupakan pilihan yang tepat. Sedangkan dispenser tanpa listrik hanya digunakan untuk menuang air dari galon saja, serta tidak bisa digunakan untuk memanaskan ataupun mendinginkan air.

Bahan tangki air


Dalam memilih dispenser, sebaiknya pilihlah dispenser yang tangki airnya terbuat dari 100% Stainless Steel. Bahan tersebut sangat bagus dalam menjaga suhu panas serta bersifat anti bakteri dan juga anti jamur sehingga mempengaruhi kesterilan air yang akan diminum. 

Tingkat panas yang lebih cepat



Pada dispenser terdapat fitur pemanas yang mana memudahkan kita ketika ingin menyeduh kopi. Fitur pemanas pada setiap dispenser berbeda-beda. Dalam memilih dispenser, sebaiknya pilih dispenser yang mempunyai tingkat memanaskan air lebih cepat dibandingkan yang lainnya. Selain itu perhatikan pula besaran titik didihnya, pilihlah Water dispenser yang mempunyai titik didih sebesar 86 hingga 99 derajat celcius. Mengapa harus mempunyai titik didih sebesar itu? Hal tersebut bertujuan untuk benar-benar membunuh kuman dan bakteri, sehingga air yang akan dikonsumsi benar-benar steril.


Itu tadi beberapa tips memilih dispenser air yang berkualitas tinggi. Bagaimana, mudah bukan membedakannya?

Comments