Cara Merawat Karpet di Rumah Agar Tetap Bersih dan Indah

Karpet merupakan salah satu perlengkapan rumah yang bisa menambah nilai estetika pada ruangan. Selain itu karpet juga berguna sebagai alas agar tubuh tidak terkena dinginnya lantai saat menonton TV, bermain dengan anak maupun kegiatan lain yang lebih nyaman dilakukan secara lesehan.
Namun karpet bisa menjadi sarang bakteri dan kuman apabila tidak dirawat dengan baik. Merawat karpet memang perlu penanganan khusus tapi bukan berarti sulit dilakukan. Seperti dikutip dari Times of India, ini cara-cara tepat dan mudah merawat serta menjaga kebersihan karpet di rumah.

Penempatan karpet

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Artinya, untuk menghindari karpet terpapar oleh banyak kuman sebaiknya tempatkan di bagian rumah yang jarang dilewati orang. Hindari memasang karpet di tempat yang biasa dijadikan tempat semua aktivitas dilakukan. Jangan juga menaruh karpet di dekat rak sepatu untuk menghindari perpindahan kuman dari bakteri ke karpet. Sebaiknya tempatkan karpet di kamar tidur, ruang kerja atau ruang tamu.

Jangan injak dengan sepatu

Jangan menginjak atau berjalan di atas karpet apabila Anda masih mengenakan sepatu atau sandal, terutama setelah bepergian seharian. Bagian bawah alas kaki kotor dan membuat kuman menempel dan mengendap dalam waktu lama.

Pasang keset

Pasanglah keset di depan pintu masuk rumah untuk mencegah kuman lebih banyak masuk ke rumah. Namun jangan menaruhnya di setiap pintu rumah. Cukup di depan pintu masuk, dekat dapur dan pintu kamar mandi. Cucilah keset secara rutin.

Membersihkan noda

Jangan gosok noda pada karpet karena hanya akan membuat noda menyebar lebih lebar dan merusak bahannya. Sobat bisa membersihkan noda dengan mesin steamer. Arahkan steam panas hanya pada bagian yang bernoda. Uap panasnya akan melunakkan noda sehingga membersihkannya lebih mudah. Namun cara ini hanya berlaku pada noda baru. Untuk noda lama, satu-satunya cara menghilangkannya dengan membersihkannya di laundry.

Cuci secara rutin

Cucilah karpet Sobat secara rutin, minimal dua kali setahun. Direkomendasikan mencuci karpet saat musim panas karena sinar matahari akan mengeringkan karpet lebih sempurna. Karpet yang lembab akan menjadi tempat favorit bersarangnya bakteri.

Pertolongan pertama pada noda karpet

Saat minuman atau makanan tumpah dan mengenai karpet, segera bersihkan agar tidak terlanjur jadi noda membandel. Sobat bisa menggunakan bahan alami seperti jus lemon, air garam atau air yang dicampur cuka untuk menghilangkannya.

Formula lembut

Selalu gunakan cairan pembersih alami atau yang formulanya lembut agar karpet tidak rusak. Hanya gunakan pembersih berformula keras untuk noda yang membandel.

Vakum


Untuk perawatan harian, bersihkan karpet menggunakan vacuum cleaner setiap sore atau malam. Disarankan membersihkan karpet di akhir hari setelah semua aktivitas dilakukan.

Itu tadi beberapa cara merawat karpet di rumah agar tetap bersih dan indah yang dapat dilakukan. Selamat mencoba!

Comments