Tips Memilih Pel Lantai yang Ideal untuk Rumah

Salah satu peralatan rumah tangga yang paling sering digunakan di rumah adalah pel lantai. Untuk itu, mengetahui berbagai tips memilih pel lantai yang ideal, sangatlah penting bagi pemilik rumah dimanapun berada. Memilih pel lantai yang tepat dapat membuat pekerjaan bersih-bersih rumah menjadi mudah. Jadi tak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak mengetahui hal-hal penting mengenai pel lantai. Bagi Anda yang sedang mencari informasi penting mengenai cara memilih pel lantai yang paling ideal, Anda bisa memerhatikan beberapa tips berikut ini.



Pel lantai merupakan peralatan yang sangat vita perannya di sebuah rumah. Bayangkan jika di rumah tidak terdapat pel lantai? Pastinya permukaan lantai akan kotor dan dipenuhi dengan kuman-kuman yang berbahaya. Karena sangat vital, beberapa orang memiliki banyak stok pel lantai di rumahnya. Namun kebanyakan kasus, pemilik rumah hanya memiliki satu buah pel lantai saja di rumahnya. Jadi pemilik rumah tidak perduli apakah pel lantai tersebut pernah terkontaminasi zat-zat berbahaya atau tidak. Penggunaan pel lantai yang berulang-ulang ini bisa menjadi penyebab adanya penyakit-penyakit berbahaya di rumah. Sebelum mengetahui berbagai tips memilih pel lantai yang ideal bagi rumah Anda, ada baiknya mengetahui tipe-tipe pel lantai yang ada di market global, berikut ulasannya.

Pel lantai tradisional

Pel lantai tradisional adalah yang terbuat dari kapas dan berbentuk helaian seperti rambut. Pel lantai ini sering digunakan untuk membersihkan debu, cairan, noda dan lain-lain. Tipe pel lantai satu ini berharga sangat murah, tidak heran mengapa banyak orang memilih menggunakan pel lantai tradisional. Namun sayangnya, meskipun telah dibersihkan, kotoran-kotoran dalam permukaan pel sangat sulit untuk dihilangkan sepenuhnya.

Pel lantai blended

Pel lantai ini mirip dengan pel lantai tradisional, namun berukuran lebih besar dan bagian bawahnya disulam agar tidak melebar kemana-mana. Biasanya pel lantai blended ini digunakan untuk membersihkan gedung-gedung berukuran besar. Pel lantai ini sering digunakan untuk menyerap banyak cairan dan kotoran, dan untungnya mudah untuk dibersihkan.

Pel lantai microfiber

Pel lantai satu ini biasa digunakan untuk membersihkan permukaan lantai yang memiliki kelembaban rendah dan cocok untuk permukaan keramik. Selain itu material microfiber sangat efektif menyerap kotoran, cairan dan debu. Disepanjang permukaan sisi pel, terdapat helaian microfiber untuk membersihkan debu atau kotoran di tempat tersembunyi. Pel lantai ini jauh lebih mahal daripada pel lantai tradisional, dan lebih ringan dan mudah dalam perawatannya. Selain itu pel lantai microfiber juga bisa digunakan untuk membersihkan dinding karena ukurannya yang sangat ergonomis.
Namun perlu diperhatikan bahwa perawatan pel lantai microfiber ini sedikit agak detail. Jangan sampai menyatukan pel lantai microfiber dengan pel lantai tradisional karena bisa menyebabkan adanya distorsi warna. Dan hindari mencuci dengan air panas dan sabun yang terlalu kuat formulanya. Setelah mengetahui berbagai tipe pel lantai, sekarang waktunya mengetahui tips-tips memilih pel lantai yang ideal, berikut ulasannya:
·         Pastikan budget Anda sesuai dengan jenis pel lantai yang ingin Anda beli, jangan sampai membebani kemampuan finansial Anda.
·         Pastikan pel lantai yang akan Anda beli sesuai dengan kebutuhan Anda, jangan sampai membeli pel lantai microfiber hanya untuk membersihkan gudang.
·         Analisa terlebih dahulu material yang ada didalam pel lantai, apakah sesuai dengan permukaan lantai yang ada di rumah Anda.
·         Ukuran juga bisa menjadi faktor penentu, jika Anda akan membersihkan permukaan rumah yang luas, ada baiknya membeli pel lantai blended.
·         Jika Anda ingin membeli pel lantai untuk ruangan-ruangan ekslusif, misalnya kantor, sangat direkomendasikan untuk membeli pel lantai microfiber.

Itu tadi beberapa informasi dan tips memilih pel lantai yang ideal untuk rumah Anda. Pastikan Anda memilih pel lantai yang sesuai dengan kebutuhan Anda.


Comments