Simak Beberapa Ciri Alat Masak yang Aman dan Sehat

Ingin membeli perlengkapan dapur yang aman dan sehat? Di zaman yang serba mahal seperti saat ini tentu saja banyak orang yang menginginkan harga murah. Tak hanya harga murah untuk bahan makanan dan barang elektronik saja.



Namun juga perlengkapan dapur yang memiliki fungsi yang sangat penting. Dengan adanya perlengkapan dapur tentu memberikan kemudahan untuk ibu rumah tanggadalam mengolah makanan. Namun jangan hanya karena mengejar harga yang murah, Anda tak memperhatikan mengenai keamanan dan kesehatan perlengkapan tersebut. Berikut ini ada beberapa ciri-ciri alat masak yang aman dan sehat.

1. Anti lengket
Bagi ibu rumah tangga membeli perlengkapan masak hendaknya menggunakan fitur anti lengket. Dengan menggunakan fitur tersebut tentu saja akan mempercantik masakan yang dibuat. Sehingga ketika masakan tersebut dihidangkan akan mengundang selera bagi yang mengkonsumsinya. Namun tahukah Anda bahwa fitur anti lengket berkualitas rendah hanya akan membuat masakan yang dikonsumsi dapat memicu terjadinya penyakit kanker. Untuk itu disarankan menggunakan bahan enamel berkualitas tinggi dengan lapisan baja.

2. Stainless pada panci
Pada saat memasak sup atau jenis masakan berkuah lainnya tentu saja membutuhkan panci. Disarankan menggunakan jenis panci dengan bahan stainless steel berkualitas tinggi. Agar kandungan nikel dan krom hanya sedikit atau bahkan tidak ada. Hal ini karena jenis bahan nikel dapat larut ke dalam masakan. Sehingga sangat berbahaya ketika dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh Kita.

3. Panci baja
Apabila Anda memiliki jenis panci yang berbahan baja. Maka apabila Anda menggunakan panci ini, ada baiknya dibersihkan menggunakan air sabun, keringkan dengan lap bersih. Sebelum menyimpannya, berikan sedikit minyak sayur dan lap dengan halus. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan lapisan pada panci baja. Dengan demikian akan memberikan alat masak yang aman. Sedikit informasi untuk Anda ketahui bahwa alat masak jenis ini tentu mudah berkarat. Sehingga dikhawatirkan karat akan masuk ke dalam masakan yang diolah.

4. Kaca
Ada baiknya apabila menggunakan perlengkapan masak dengan bahan kaca. Mulailah untuk membaca mengenai aturan pakainya. Hal ini karena jenis kaca tentu bukan penghantar listrik yang baik. Jenis bahan ini sulit menghantarkan listrik atau panas meskipun dimasukkan ke dalam microwave. Namun jenis alat masak ini aman karena tidak ada kandungan partikel didalamnya yang larut di dalam masakan yang dipanaskan.

5. Menggunakan alat berbahan kayu
Dibandingkan dengan jenis bahan lainnya memang menggunakan bahan kayu saat ini sudah ditinggalkan. Semuanya dikarenakan jenis bahan ini terlihat tradisional, mudah hitam dan mudah rusak. Namun tahukah Anda bahwa alat masak yang aman adalah jenis perlengkapan memasak berbahan kayu. Terlebih apabila Anda memasaknya menggunakan cara dikukus atau direbus. Dengan demikian, Anda perlu untuk memasak menggunakan alat berbahan kayu dengan cara mengolah makanan tersebut.

Itu tadi beberapa ciri alat masak yang aman dan sehat. Setelah mengetahui ini, semoga Anda bisa lebih jeli saat memilih alat masak yang hendak dibeli dan digunakan. Anda bisa mencari beragam alat masak yang aman dan sehat di Kangaroo Indonesia.


Comments