Tips Cermat Memilih Kulkas yang Berkualitas

Kulkas alias lemari es merupakan perlengkapan rumah tangga yang sangat vital. Mengingat fungsinya yang dirasakan setiap saat dan masa pakai kulkas yang terhitung lama, maka pemilihan kulkas tak bisa dilakukan sembarangan.

Kulkas dengan kualitas baik dan fitur sesuai kebutuhan adalah investasi untuk rumah tangga. Pasalnya, kulkas yang baik membuat kita berhemat dalam banyak hal. Sebutlah makanan lebih awet dan tetap segar, hemat tagihan listrik, ditambah kualitas kulkas yang baik membuatnya awet dan tak mudah rusak.



Oleh karena itu, sebelum membeli kulkas, perhatikan berbagai aspek dan fitur yang dimiliki, kemudian pastikan fitur-fiturnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah memastikan fitur dan kapasitasnya sesuai, cari tahu juga ketahanannya agar usia pakai kulkas bisa bertahan lama. Nah, bagaimana memilih kulkas terbaik yang bisa memberikan banyak manfaat? Simak 5 langkah berikut.

1. Kapasitas kulkas
Setiap rumah membutuhkan kapasitas kulkas yang tidak sama. Maka, penting untuk menyesuaikan kapasitas dengan kebutuhan Anda. Bila memiliki keluarga besar dan rutin berbelanja bulanan, Anda lebih baik memilih lemari es berkapasitas besar. Sebaliknya, jika dalam satu rumah tak lebih dari empat anggota keluarga, cukup membeli lemari es berkapasitas kecil atau sedang.

2. Kulkas yang hemat listrik
Biasanya, kulkas keluaran terbaru memiliki banyak fitur. Contohnya, frost free, roller, hemat listrik, rak tambahan, display digital, eco green, water dispenser, hingga automatic ice maker. Nah, pilihlah fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, mengingat lemari es adalah alat elektronik yang selama 24 jam per hari terhubung dengan arus listrik, pilihlah lemari es yang hemat listrik dan ramah lingkungan. Lemari es seperti ini tentu usia pakainya akan lebih lama dan tak membuat tagihan listrik Anda selangit. Selain itu, kini ada fitur sensor pintar yang bisa mendeteksi dan menjaga pendinginan kulkas agar tetap efektif. Dengan demikian, otomatis penggunaan kulkas pun terhindar dari pemborosan energi.

3. Jenis kulkas
Ada beragam jenis kulkas yang tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Secara umum, jenis kulkas terbagi dua, yaitu dengan freezer (ruang pembeku) dan non-freezer (all-refrigerator model) yang unggul dalam hal kapasitas penyimpanan. Untuk kebutuhan keluarga, biasanya pilihan jatuh pada kulkas yang memiliki freezer. Kapasitasnya disesuaikan dengan kebutuhan, ada yang satu pintu, dua pintu, hingga multidoor. Kulkas dua pintu memiliki kapasitas cooler dan freezer yang lebih besar dibanding lemari es satu pintu, sehingga bisa menyimpan makanan lebih leluasa.

Namun, kulkas berjenis multidoor memiliki kapasitas yang lebih besar. Kulkas jenis ini juga memungkinkan kita menyimpan segala jenis makanan dalam kondisi yang optimal. Pasalnya, kulkas multidoor memiliki kompartmen khusus untuk kebutuhan tertentu. Misalnya, area soft freezing yang ideal untuk penyimpanan daging dan ikan. Fitur soft freezing ini membuat makanan hanya sedikit beku sehingga mudah untuk langsung diolah.

4. Desain menarik
Tampilan kulkas yang menarik dapat membuat suasana dapur Anda menyenangkan. Maka, jangan mengabaikan perihal desain, warna, dan material kulkas saat hendak membelinya.
Desain dan warna yang senada dengan gaya interior dapur Anda pasti membuatnya terlihat begitu manis dan menyatu dengan keseluruhan dapur. Pilih juga material yang anti karat dan mudah dibersihkan agar lemari es tahan lama.

5. Sesuaikan harga 

Harga kulkas yang dijual di pasaran sangat variatif sesuai fitur yang ditawarkan. Sesuaikan dana dengan kemampuan dan kebutuhan Anda. Namun perlu diingat, kulkas adalah investasi jangka panjang. Tak ada salahnya membuat aktivitas dapur lebih menyenangkan dengan menyisihkan bujet lebih untuk kulkas berdesain menarik dan memberi banyak manfaat.

Itu tadi beberapa tips cermat memilih kulkas berkualitas yang bisa dilakukan. Selamat memilih kulkas favorit Anda.

Comments