Talenan Apa yang Paling Bagus? Plastik, Kayu, atau Bambu?


Saat sedang berbelanja peralatan dapur seperti talenan, kita akan dihadapkan oleh banyak sekali pilihan. Saat akan membeli talenan, kita harus memperhatikan bahan talenan tersebut karena ini menyangkut ketahanan talenan dan juga kebersihannya. Jadi, talenan apa yang paling bagus? Yang terbuat dari plastik, kayu, atau bambu? Berikut ini informasi perbandingan ketiga jenis talenan tersebut.



1. Talenan Berbahan Plastik
Plastik adalah bahan yang paling aman dan disukai oleh banyak orang. Pertama, karena memang mudah dicuci. Kedua, karena bisa bertahan dalam waktu yang lama. Tapi University of Michigan melakukan sebuah penelitian dan menemukan bahwa ada lebih banyak bakteri yang ditemukan di permukaan talenan plastik yang sudah digunakan daripada yang ada di permukaan talenan kayu. Permukaan talenan plastik yang tergores pisau sangat sulit untuk dibersihkan. Jadi makanan yang Anda potong di atas talenan plastik bisa saja tercampur dengan serpihan-serpihan plastik yang tergores akibat penggunaan pisau.

2. Talenan Terbuat dari Bambu
Orang-orang yang memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan mungkin akan menjadikan talenan bambu ini sebagai pilihan. Bambu memang bisa didaur ulang dan bambu biasanya tidak butuh bahan kimiawi untuk bisa tumbuh dan besar. Meskipun belum ada penelitian khusus tentang kebersihan talenan bambu, tetapi bambu dipercaya bisa menyerap lebih sedikit cairan daripada kayu. Oh ya, karena bambu 19 persen lebih keras dibandingkan talenan berbahan kayu mapel, mungkin akan sulit untuk menggunakannya saat kita memotong makanan dengan pisau.

3. Talenan Kayu
Talenan kayu biasanya "ramah" terhadap pisau. Talenan kayu, seperti kayu mapel, tidak akan mudah tergores seperti talenan plastik. Talenan kayu bisa bertahan selama bertahun-tahun asal bisa dirawat dengan baik, yaitu dengan menggunakan minyak mineral yang aman untuk makanan. Tapi hati-hati, tidak semua talenan kayu dibuat dari kayu yang baik. Ada sejumlah talenan kayu yang dibuat dari sisa kayu atau kayu limbah.

Itu tadi beberapa perbedaan dari jenis-jenis talenan. Mana yang paling nyaman digunakan menurut Anda?

Comments