Manfaatkan Area Ini untuk Dapur Sempit dengan Sedikit Tempat Penyimpanan

Salah satu risiko dari keterbatasan lahan pada bangunan tinggal ialah tentang ukuran. Rumah didesain minimalis dan serba mini, termasuk ruang-ruang didalamnya, seperti dapur. Dapur yang sempit tentu menjadi polemik tersendiri dan menuntut kreativitas pemiliknya, agar tetap nyaman dan menyenangkan. Apalagi bila, Anda memiliki cukup banyak peralatan di dapur.

Hal yang paling memusingkan dari dapur mini dan peralatan yang banyak ialah masalah bagaimana menyimpan. Jika ini masalah Anda, coba cek kembali dapur di rumah. Apakah ada ruang kosong yang bisa dimanfaatkan untuk tempat penyimpanan?



Bila masih sulit menemukan, yuk simak ulasan berikut. Ada sejumlah ide membuat tempat penyimpanan di lokasi-lokasi tak terduga dan sering terlupakan berikut ini:

Atas wastafel dapur

Coba cek bagian atas wastafel di dapur Anda? Bila ada ruang kosong, area itu bisa dimanfaatkan untuk lokasi penyimpanan. Mengoptimalkan untuk menggantung berbagai peralatan dapur seperti wajan, panci, dan sebagainya. Khususnya bagi dapur berukuran sempit dan kekurangan tempat penyimpanan.

Sisi bawah lemari kabinet

Sisi yang berada di samping ini bisa dimanfaatkan sebagai rak untuk menyimpan buku dan majalah. Tentu area dapur tidak luput dari buku atau majalah terkait kegiatan memasak. Jadi, daripada buku dan majalah tersebut ditumpuk di atas meja dan membuat sempit, maka manfaatkan saja bagian samping rak kabinet.

Atas lemari es atau lemari kabinet

Ruang lain yang sering terlupakan dan efektif menjadi ruang penyimpanan ialah di atas lemari es atau lemari kabinet. Anda bisa membuat rak kabinet di atas lemari es, untuk menyimpan sejumlah peralatan dapur. Atau membuat rak kecil untuk penyimpanan di atas lemari kabinet.


Alas yang kokoh, memungkinkan Anda menyimpan berbagai peralatan di atas lemari es atau kabinet ini. Susun dengan rapi dan terorganisir, agar memudahkan saat dibutuhkan dan tampak sedap dipandang.

Comments