Tips Jitu Mencegah Perabotan Rumah dari Serangan Jamur

Kebanyakan dari Anda pasti lebih menyukai perabotan yang terbuat dari kayu, karena perabotan ini lebih murah dan mudah dipindah-pindah. Namun, apakah Anda pernah menjumpai perabotan kesayangan Anda ini penuh jamur?

Harus diakui, meskipun memiliki kelebihan, perabotan yang terbuat dari kayu ini berisiko tinggi terkena jamur bila dibandingkan dengan perabotan lain. Jika biasanya Anda membersihkan perabotan kayu dengan menggunakan lap basah, bisa jadi terdapat air yang terjatuh di perabotan dan akhirnya perabot kesayangan menjadi berjamur.


Jamur seperti ini tidak dapat disepelekan, karena bila tidak segera dibersihkan, jamur bisa semakin banyak dan akhirnya menyebar. Oleh sebab itu, Anda harus merawat perabotan kayu agar terhindar dari serangan jamur.

Jaga kebersihan rumah
Tidak hanya perabot kayu yang harus dijaga kebersihannya namun seluruh rumah juga harus dijaga kebersihannya. Perlu Anda sadari jika jamur bukan hanya tumbuh di dalam ruangan namun jamur bisa masuk dari luar rumah. Inillah alasan mengapa Anda harus membuat rumah tidak lembab agar jamur tidak muncul di perabotan.

Rajin membersihkan perabot
Apabila Anda telah melihat tanda jamur menyerang perabotan rumah, segera membersihkannya sebelum seluruh perabotan mulai menjamur. Jamur yang terbang di udara juga bisa mempengaruhi kesehatan Anda seperti munculnya gangguan kesehatan, iritasi kulit dan olahraga. Lebih baik Anda menyiapkan diri sebelum membasmi jamur di perabotan rumah. Gunakan baju berlengan panjang, dan masker ketika membersihkan jamur.

Usahakan rumah tidak lembab
Untuk membuat rumah tidak lembab, Anda harus memastikan seluruh ruangan di dalam rumah cukup ventilasi udara. Dengan demikian, rumah bisa menjadi tetap kering  dan pencahayaan yang pas sehingga rumah menjadi semakin sehat. Jika Anda tidak sengaja menjatuhkan makanan, segera bersihkan tempat tersebut agar tidak menyebabkan ruangan lembab dan memicu jamur lebih banyak.

Pembersihan rumah ini bukan hanya dilakukan sesekali, namun Anda harus melakukannya secara teratur. Luangkan waktu seminggu sekali saat weekend untuk membersihkan rumah. Agar kegiatan pembersihan ini menjadi menyenangkan, Anda bisa melakukannya bersama seluruh keluarga. 

Comments