Tips Memilih Peralatan Rumah Tangga dari kaca

Walaupun terkesan hal yang sepele untuk dilakukan, tetapi memilih peralatan rumah tangga yang sesuai dengan syariat kesehatan merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Sebab, setiap ibu rumah tangga pasti menginginkan seluruh anggota keluarganya dapat mengkonsumsi hasil hidangan dari dapur sendiri yang benar-benar lezat dan menyehatkan.

Menjaga kelengkapan kandungan gizi makanan tak hanya bergantung pada pemilihan bahan dan tata cara memasak yang tepat saja, melainkan juga dipengaruhi dari peralatan memasak dan peralatan makan yang biasa digunakan. Oleh karena itu, setiap ibu rumah tangga harus berlaku cerdas dalam memilih peralatan rumah tangga. Salah satu jenis peralatan rumah tangga yang aman untuk digunakan adalah peralatan rumah tangga yang terbuat dari kaca. Namun, bagaimanakah tips memilih peralatan rumah tangga dari kaca?



Peralatan rumah tangga yang terbuat dari kaca telah dibuat sedemikian rupa untuk bisa stabil dan tetap bertahan walaupun digunakan dalam temperatur tinggi. Akan tetapi, tidak semua peralatan rumah tangga yang terbuat dari kaca yang dapat memiliki kriteria dan kualitas tersebut. Terlebih lagi, kaca merupakan bahan yang mudah retak dan pecah jika digunakan tidak sesuai aturan. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mengetahui bagaimana memilih peralatan rumah tangga dari kaca yang berkualitas baik.

Memilih kaca yang tebal
Kaca merupakan bahan yang rentan sekali untuk pecah dan retak, sehingga untuk memilih peralatan dapur berbahan dasar kaca haruslah memilih kaca yang tebal. Walaupun kaca tebal menghantarkan panas lebih lama, tetapi peralatan dapur yang terbuat dari bahan kaca yang tebal tidak mudah pecah dan tidak mudah retak meski digunakan memasak dalam suhu tinggi.

Jangan memilih yang terlalu besar
Sebaiknya, janganlah memilih peralatan dapur berbahan dasar kaca yang ukurannya terlalu besar. Pasalnya, resiko yang bisa didapatkan juga semakin besar pula sehingga pilihlah yang berukuran kecil hingga sedang. Memilih ukuran yang terlalu besar tidak membuat makanan cepat matang dan dapat menjadi cepat pecah.

Setelah mengetahui informasi mengenai tips memilih peralatan rumah tangga dari kaca, sangat penting untuk mengenal bahan kaca lebih jauh lagi. Kendati, penggunaan peralatan rumah tangga dari kaca mudah retak dan pecah tetapi ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan. Proses pencuciannya sangatlah praktis dan mudah, yaitu hanya tinggal dicuci dengan sabun dan dibilas hingga bersih tanpa khawatir ada kotoran yang lengket. Kemudian, keuntungan lain yang bisa didapatkan adalah ketika memasak ibu rumah tangga dapat melihat kematangan masakan tanpa harus membuka-tutup untuk memastikannya.

Ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan ketika memakai peralatan dapur berbahan dasar kaca, diantaranya adalah sebagai berikut ini:
Kendalikan kegunaannya, maksudnya adalah jika peralatan tersebut sudah terbiasa untuk dipanaskan atau sudah terbiasa untuk mengisi air atau aneka makanan yang panas sebaiknya jangan gunakan untuk diisi makanan dan minuman yang dingin. Hal ini disebabkan karena, penggunaannya yang tak terkendali dapat membuatnya mudah untuk retak bahkan pecah.

Simpanlah peralatan tersebut dengan hati-hati, saat menyimpannya gunakan bantalan kain, koran ataupun kardus agar tidak terbentur satu sama lain. Untuk peletakanya juga lakukan secara berlahan-lahan, agar tidak tergores. Kemudian, untuk membuatnya terlihat mengkilat bungkus menggunakan kertas, koran ataupun sejenisnya. Langkah terakhirnya adalah, cukup menyimpannya di tempat yang aman.

Mungkin, sudah banyak yang mengetahui bagaimana tips memilih peralatan rumah tangga dari kaca beserta cara perawatan dan penyimpanannya. Namun, dengan adanya informasi ini pembaca lebih mengetahui lagi mengenai apa yang sudah dijabarkan di sini. Mulai dari memilih, merawat hingga menyimpan peralatan dapur yang terbuat dari bahan kaca memang tidaklah sulit untuk dilakukan, karena kuncinya hanya pada ketelatenan dan berhati-hati saja. Selebihnya, bisa  dirawat sendiri sesuai dengan keinginan. Untuk tempat penyimpannya, sebaiknya simpanlah di tempat yang tertutup seperti di dalam buffet ataupun di dalam lemari piring. Dengan begitu, peralatan rumah tangga yang terbuat dari kaca tidak akan terinjak ataupun terjatuh.

Comments