Tips Menjaga Dapur Agar Tetap Rapi dan Bersih

Siapa yang tak ingin memiliki ruangan yang bersih dan rapi? Tentu saja semua orang ingin, termasuk bagian dapur. Kendati banyak kegiatan seperti memasak atau mencuci peralatan makan, ditambah dengan banyaknya perabotan, dapur yang rapi merupakan idaman setiap orang.

Kini, Anda tak hanya sekadar bisa mengidamkan sebuah dapur yang rapi dan bersih, tapi juga bisa mengaplikasikannya. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan, namun, yang perlu diperhatikan hanyalah bagaimana Anda bisa konsisten menerapkannya.


Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan meminimalisir aksesori. Pajangan memang sangat baik membuat ruangan tampak indah, tapi tidak untuk bagian dapur. Pasalnya, dapur telah penuh sesak oleh peralatannya, apalagi jika ukuran dapur Anda tidak terlalu besar. 

Akan lebih baik jika benda ataupun aksesori yang akan digunakan untuk mendekorasi digantikan dengan peralatan dapur. Misalnya meletakkan pot minuman antik di sudut, membuat gantungan untuk peralatan masak di dinding, atau menyusun cangkir dengan cara yang kreatif.

Kendati menginginkan sesuatu yang rapi, namun bukan berarti Anda meminimalisir keberadaan benda di dapur, jika Anda menyukainya, maka tak ada salahnya jika ditumpuk di meja dapur. Misalnya beberapa piring dan alat makan dengan susunan yang rapi. Selain dapat menjadi pajangan, benda-benda ini juga bisa langsung digunakan saat Anda membutuhkannya.

Sebagai gantinya, Anda bisa menyimpan beberapa peralatan yang jarang digunakan agar meja dapur tidak penuh. Misalnya oven, blender, mixer, atau lain sebagainya. Simpan semuanya di dalam lemari agar tidak berdebu dan malah membuat tampilan dapur jadi buruk.

Hal lain yang penting diperhatikan adalah memisahkan tempat antara makanan dengan minuman. Kendati Anda suka minum, akan lebih baik jika Anda memiliki bar khusus, tak perlu membuat ruang baru, karena Anda bisa memaksimalkan sudut dapur atau sisi lainnya. Dengan begitu, Anda akan memiliki dapur yang luar biasa, dan tentu saja ditambah dengan terus menjaga kebersihan dan kerapiannya secara konsisten.

Comments